.

.

-

Selasa, 04 Juni 2013

PENGAMANAN MALAM PILKADES

Senjapun mulai datang menghampiri malam “panas” pilkades Desa Ngasinan. Suara adzan di masjid dan musholla Desa Ngasinan mulai berkumandang. Pertanda waktu maghrib telah tiba. Terlihat setiap jalan masuk ke Desa Ngasinan telah ditutup kecuali jalan antar kecamatan. Akses jalan dalam desa benar – benar lumpuh. Bambu dan kayu melintang menghalangi jalan. Tak sembarang orang bisa melalui jalan tersebut. Disetiap ujung jalan terdapat gerombolan warga  berjaga. Semua siaga bak perang dalam kota. Setiap gerak – gerik orang luar wilayah selalu dipantau. Semua mata seakan tak berkedip.


Terlihat di halaman Balai Desa Ngasinan para petugas Linmas telah disiagakan. Sambil dibacakan pos – pos jaga, mereka sibuk mengecek perlengkapan mereka sesuai arahan dari pihak kepolisian. Masing - masing pos nanti akan dijaga oleh 2 (dua) orang Linmas dan dibantu oleh personil TNI – Polri.  Berdiri di tengah – tengah para petugas linmas, AIPTU Setyo Harianto, selaku Bhabinkamtibmas Desa Ngasinan terlihat sibuk memberikan arahan dan penjelasan teknis pengamanan. Seperti malam – malam sebelumnya, Perangkat Desa Ngasinan didampingi oleh Bhabinkamtibmas dari Polsek Jetis serta Babinsa dari Koramil Jetis, selalu aktif melakukan patroli. Bagaimanapun juga dengan jumlah pemilih yang banyak, Desa Ngasinan termasuk wilayah yang rawan gesekan antar pendukung kedua belah calon kepala desa. Namun, karena peran aktif dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa memberikan himbauan kepada warga agar tetap waspada dan menghindari hal – hal yang bisa memicu konflik, akhirnya Desa Ngasinan tetap aman.

Pengamanan juga dilakukan di Balai Desa Ngasinan, tempat utama yang menjadi fokus pengamanan karena akan menjadi lokasi pemungutan suara pemilihan kepala desa. Salah satu upaya untuk sterilisasi lokasi, sejak H-2 pelaksanaan pilkades, tidak sembarangan orang bias memasuki balai desa. Selain panitia dan orang – orang yang memiliki kewenangan dilarang masuk. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal – hal yang tidak dinginkan.

.

-
-
 
PEMERINTAH DESA NGASINAN © 2010 All right reserved │ Template Edited By [☺☺☺☺☺]