.

.

-

Selasa, 04 Juni 2013

PELAKSANAAN PEMILIHAN KEPALA DESA NGASINAN

Calon Kepala Desa Ngasinan
Hari yang ditunggu – tunggu kini datang juga. Pemilihan Kepala Desa Ngasinan akan segera dilaksanakan. Senin, tanggal 3 Juni 2013 adalah hari penentu siapakah yang akan menjadi nahkoda pemerintahan di Desa Ngasinan ini. Kursi panas sang kepala desa menjadi rebutan antara 2 (dua) orang calon kepala desa. Segala cara telah dilakukan untu menarik simpati dan dukungan masyarakat. Segala upaya telah dikerahkan untuk mampu memperoleh suara terbanyak. Siapakah yang akan menjadi pemenang?


Tepat pkl. 07.00 WIB ketua panitia Pilkades Desa Ngasinan, Bpk. Supriyanto, S.Pd membuka secara resmi acara Pemilihan Kepala Desa Ngasinan. Acara diawali dengan pengucapan sumpah para panitia untuk berbuat jujur, adil dan tidak memihak kepada salah satu calon. Selanjutnya, kedua calon kepala desa dipersilahkan memasuki ruangan dengan bergantian yang didahului oleh calon nomor 1, Sdr. Adjar budi dengan mengenakan setelan jas hitam berkkopyah dan disusul kemudian calon nomor 2, Sdr. Drs. Anis Mohtarom dengan mengenakan setelan putih putih yang juga berkopyah. Raut muka tegang terpampang jelas pada kedua calon.

Pengucapan Sumpah Panitia
Meski kedua calon telah memiliki data – data pemilih yang menjadi pendukung mereka, namun rasa was – was masih menghantui mereka. Seberapapun faliditas data pendukung mereka, selama acara pemilihan kepala desa belum mencapai titik finis dan penghitungan suara belum selesai, mereka belum bisa meng-klaim kemenangn mereka. Apapun usaha dan upaya yang telah mereka lakukan untuk menggaet suara pemilih, hasil akhir akan ditentukan saat pencoblosan hari ini.

Pemungutan suara dimulai. Masyarakat berbondong – bondong menuju Balai Desa Ngasinan untuk menyalurkan hak suara mereka. Antrian demi antrian semakin mengular. Maklum saja, sejumlah 3641 pemilih akan menyalurkan hak suara mereka untuk memilih kepala desa hari ini. Antusias warga begitu besar. Terlihat dari banyaknya warga yang rela antri mengular dan kepanasan dibawah terik matahari yang menyengat. Kebanyakan mereka memanfaatkan transportasi yang telah disediakan panitia. Selain gratis, hal ini lebih mengenakkan bagi mereka yang tempat tinggalnya jauh dari lokasi pemilihan. Tepat pkl. 13.00 pemungutan suara dihentikan karena sesuai jadwal waktu tersebut adalah waktu terakhir untuk menyampaikan hak suara. Kedua calon kepala desa bias meninggalkan tempat pemilihan kepala desa dan kembali 30 menit kemudian.

Menuju NGASINAN 1
Setelah melewati waktu istirahat selama 30 menit, panitia kembali melanjutkan acara penghitungan suara. Namun pada saat acara penghitungan suara dimulai hanya terlihat 1 calon kepala desa yakni Sdr. Drs. Anis Mohtarom, sedangkan Sdr, Adjar Budi tak terlihat kembali ke kursi panas Ngasinan 1. Area penghitungan suara telah disterilkan, semua orang selain panitia dan petugas keamanan dari Linmas, Polri dan TNI dilarang memasuki area. Penghitunganpun dimulai.

Diawal – awal penghitungan suara calon no. 1 selalu memimpin perolehan suara. Sempat memimpin dengan jumlah 100 suara lebih banyak dibanding perolehan suara calon no. 2. Namun acara belum selesai, penghitungan suara baru mulai. Seiring berjalan waktu, perolehan suara semakin berbalik, calon no. 2 memimpin sementara. Hingga penghitungan suara mencapai 50% calon no. 2 masih tetap memimpin. Penghitungan hampir selesi, perolehan calon no. 2 telah berada diatas angin. Perolehan suara jauh diatas calon no. 1. Dan perolehan ini bertahan hingga penghitungan suara selesai.


PEMILIH
PEROLEHAN SUARA


DPT
HADIR
TIDAK HADIR
CALON
NO. 1
CALON
NO. 2
SUARA 
TIDAK SAH






3641
2872
769
1073
1757
42








.

-
-
 
PEMERINTAH DESA NGASINAN © 2010 All right reserved │ Template Edited By [☺☺☺☺☺]