.

.

-

Kamis, 06 Desember 2012

KELOMPOK TANI WIDODO PELAKSANA PROGRAM DEM FARM PADI NON HIBRIDA

ilustrasi-google
“Dengan menanam padi non hibrida dengan cara penanaman Jajar Legowo kita telah mendukung program pemerintah yakni mewujudkan negara yang swasembada beras “, begitulah kata Bapak Tukimun, selaku penyuluh lapangan UPT Dinas Pertanian Kecamatan Jetis. Senin (3/12) kemarin Kelompok Tani Widodo Dukuh Karanglo Desa Ngasinan mengadakan sosialisasi penanaman padi non hibrida Jajar Legowo. Acara tersebut dihadiri oleh UPT Dinas Pertanian Kecamatan Jetis, Kepala Desa Ngasinan beserta perangkat dan perwakilan dari petani Dukuh Karanglo.


Kelompok tani Widodo terpilih untuk melaksanakan Program Dem Farm Padi Non Hibrida Pola Kontingensi. Program ini bertujuan untuk menciptakan petani pelopor dalam menyongsong negara swasembada beras. Kelompok tani Widodo dalam menjalankan program ini mendapat kucuran dana sebesar Rp. 57.000.000,- (lima puluh tujuh juta rupiah) dari Pemerintah melalui Dinas Pertanian. Dana tersebut akan digunakan untuk pengadaan sarana produksi berupa pembelian benih dan pupuk yang akan diberikan kepada petani dengan cuma – cuma dengan syarat bahwa petani harus menggunakan sistem tanam Jajar Legowo. Yakni pola penanaman dengan menerapkan jarak yang agak panjang (40 cm) setelah beberapa pokok tanaman padi ke arah samping. Selain itu dari dana tersebut juga akan digunakan untuk pengadaan alat mesin pertanian (alsintan) berupa hand sprayer dan mesin traktor.

Dimyati, ketua kelompok tani Widodo mengatakan, “Dengan pola penanaman yang baru ini serta dengan adanya kucuran dana dari pemerintah ini diharapkan dapat meringankan beban petani serta mampu meningkatkan hasil panen yang berujung pada peningkatan kesejahteraan petani sendiri “. Begitu juga disampaikan oleh Kepala Desa Ngasinan, dalam sambutannya beliau berpesan agar dalam pengelolaan bantuan tersebut bisa berjalan dengan baik sehingga tidak menjadi masalah – masalah yang akan mengganggu atau bahkan menghilangkan kepercayaan sang pemberi bantuan yaitu Pemerintah.(ir/wo)

.

-
-
 
PEMERINTAH DESA NGASINAN © 2010 All right reserved │ Template Edited By [☺☺☺☺☺]